Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia 2023 Versi Bank Dunia

2 min read

Ada beberapa negara yang dianggap memiliki tingkat ekonomi yang baik yaitu kaya, tapi ada juga negara yang dianggap memiliki tingkat ekonomi yang sangat rendah yaitu negara miskin. Negara tersebut akhirnya disebut sebagai negara termiskin di dunia.

Kekayaan dan kemiskinan suatu negara seringkali dilihat dari beberapa indikator, salah satunya adalah produk domestik bruto (PDB) per kapita. Perlu diketahui bahwa PDB per kapita sendiri merupakan total PDB suatu negara dibagi dengan jumlah penduduknya. 

Dengan demikian, alat ukur tersebut cukup akurat untuk melihat kualitas kebahagiaan masyarakat dari sudut pandang ekonomi. Sayangnya, berdasarkan kriteria ini, beberapa negara termasuk dalam kategori miskin karena PDB per kapitanya sangat rendah. Beberapa di antaranya bahkan ditetapkan sebagai negara termiskin di dunia.

Nomor 1 Negara Termiskin di Dunia 2023

Menurut data Bank Dunia, pada Sabtu (29 Juli 2023), peringkat pertama negara termiskin direbut oleh negara Afrika Timur, Burundi. Seperti diketahui, negara ini memiliki PDB per kapita terendah di dunia, hanya 240 dolar AS atau setara dengan 3,6 juta rupee (kurs 15.000 rupiah / USD).

Posisi Kedua Negara Termiskin di Dunia 2023

Afganistan berada di urutan kedua dengan PDB per kapita US$390 atau setara dengan Rs 5,85 juta. Rendahnya pendapatan negara Asia Tengah ini konon karena minimnya infrastruktur dan korupsi yang tinggi.

Lalu ada Somalia, negara yang sebenarnya mengalami banyak masalah dalam beberapa dekade terakhir. Pertumbuhan populasi yang cepat telah memberikan tekanan pada kesehatan yang buruk dan ketidakstabilan di negara ini

Tambahkan ke konflik internal yang sudah berlangsung lama, keterbelakangan, penurunan ekonomi, kemiskinan, ketidaksetaraan sosial dan gender, dll. Akibatnya, PDB per kapita negara itu hanya $470 atau sekitar Rp7,05 juta.

Daftar Semua Negara Termiskin 2023

Berdasarkan data Bank Dunia, berikut daftar 10 negara termiskin di dunia tahun 2023:

  1. Burundi (PDB per kapita Rp 3,6 juta)
  2. Afganistan (PDB per kapita Rp 5,85 juta)
  3. Somalia (PDB per kapita Rp 7,05 juta)
  4. Republik Afrika Tengah (PDB per kapita Rp 7,20 juta)
  5. Mozambik (PDB per kapita Rp 7,50 juta)
  6. Sierra Leone (PDB per kapita Rp 7,65 juta)
  7. Madagaskar (PDB per kapita Rp 7,65 juta)
  8. Republik Demokratik Kongo (PDB per kapita Rp 8,85 juta)
  9. Nigeria (PDB per kapita Rp 9,15 juta)
  10. Malawi (PDB per kapita Rp 9,60 juta)  

Nah, itulah daftar negara termiskin di dunia versi Bank Dunia yang wajib kamu ketahui. Manakah negara yang sudah pernah kamu kunjungi?

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours