5 Fakta Fabienne Nicole, Miss Universe Pertama Indonesia

3 min read

Fabienne Nicole Groeneveld dinobatkan sebagai Miss Universe Indonesia 2023. Dia adalah kecantikan Indonesia pertama yang memenangkan gelar ini.

Gelar Miss Universe Indonesia pertama diberikan kepada Fabienne setelah berhasil menyisihkan 29 finalis lainnya dari seluruh Indonesia. Namanya diumumkan pada malam final Miss Universe Indonesia 2023 di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, Kamis (8/3/2023).

Wakil provinsi DKI Jakarta, Fabienne berhasil merebut hati juri kondang. Selama lima putaran pertama, setiap peserta harus melalui sesi tanya jawab. Fabienne sendiri mendapat pertanyaan dari Poppy Capella selaku Direktur Nasional Miss Universe Indonesia tentang dampak positif dan negatif dari teknologi.

“Teknologi dapat mendekatkan orang-orang yang jauh, (sekaligus) mempromosikan mereka yang dekat. Teknologi memang membantu kita berkomunikasi, tetapi kita bertanggung jawab untuk menggunakannya. Saya percaya bahwa teknologi dapat membawa kebaikan, memberdayakan, menginspirasi dan menghubungkan orang,” jawabnya. 

Miss Universe 2022 R’Bonney Gabriel turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh penampilan Bunga Citra Lestari dan Fabio. Kehadiran R’Bonney juga membantu Fabienne Nicole Groeneveld untuk dinobatkan sebagai Miss Universe Indonesia 2023. Sebagai pemenang, ia akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2023 yang rencananya akan digelar di El Salvador akhir tahun ini.

Penobatan Fabienne tercatat dalam sejarah karena ini adalah pertama kalinya gelar ini diberikan. Miss Universe Indonesia 2023 merupakan kontes pertama setelah hak cipta Miss Universe Indonesia diubah dari Puteri Foundation Indonesia menjadi Poppy Capella. 

  1. Fabienne Nicole Lahir di Belanda

Wanita berwajah gelap ini diketahui lahir di Spijkenisse, Belanda. Ia lahir pada tanggal 27 Desember 1999, di bawah tanda Capricorn.

  1. Wakil Direktur MNC Land

Orang tua Fabienne Nicole Groeneveld kebetulan memegang posisi penting dalam kerajaan bisnis Hary Tanoesoedibjo. Menurut situs MNC Land, ibunda Fabienne, Natalia Tanudjaja, tercatat sebagai direktur utama perusahaan. Ibunya juga mencalonkan diri sebagai calon legislatif Partai Perindo Jatim.

Pada 31 Agustus 2022, Fabienne merayakan ulang tahun ibunya dengan memposting foto mereka berdua. “Selamat ulang tahun untuk temanku @natalia_fabsan,” tulisnya. 

  1. Pendidikan

Dihimpun dari beberapa sumber, Fabienne Nicole menyandang gelar Sarjana Manajemen Bisnis Internasional yang diperolehnya pada tahun 2019 setelah menyelesaikan studinya di Universitas Pelita Harapan.

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya dengan meraih gelar Master of Business Administration dari University of New South Wales, Australia.

  1. Pernah Mengikuti Miss Global

Miss Universe Indonesia bukanlah kontes pertama gadis berusia 23 tahun itu. Fabienne Nicole memenangkan Miss Global Indonesia 2018, membawanya ke final internasional di Filipina.

Aturan Miss Universe Indonesia mengizinkan semua mantan kontestan untuk berpartisipasi dalam kontes.

  1. Advokasi kebijakan

Fabienne Nicole Groeneveld memperhatikan pendidikan. Advokatnya, Empower Now, memiliki misi untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga. 

“Melalui kekuatan pendidikan, kita bisa mengubah korban kekerasan menjadi penyintas dan mereka yang membutuhkan menjadi mercusuar harapan bangsa,” ujarnya saat mempromosikan Empower Me di atas panggung.

Fabienne Nicole juga menyuarakan permohonannya melalui Instagram. Unggahan pertama dilakukan pada 25 Juni 2023.  

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours