Bikin Senam Sparko Jelang Liga 1, Plt Walkot Bekasi Tak Ditegur PSSI

2 min read

Plt Wali Kota (Plt) Bekasi Tri Adhianto mengaku tidak mendapat peringatan apapun dari PSSI terkait kegiatan senam sparko yang diselenggarakan Pemkot Bekasi menjelang pertandingan Liga 1.

Kegiatan latihan Sparko dengan peserta dari beberapa pejabat negara sipil (ASN) dan non-ASN diduga melanggar pasal 17 no.2 peraturan PSSI Ligue 1 2023/2024. “Yang jelas sampai saat ini kami belum mendapat teguran dari PSSI,” kata Tri saat rapat di kantor Wali Kota Bekasi, Kamis (10/8/2023).

Sementara itu, Tri merasa penggunaan Stadion Patriot diperbolehkan karena Senam Sparko merupakan kegiatan yang sudah lama diselenggarakan secara rutin oleh Pemkot Bekasi.

“Jadi artinya kalau program itu sudah lama berjalan, ternyata ada juga regulasi PSSI yang mengatakan bisa digunakan (Stadion Patriot) jika saat itu sudah ada izinnya. Kira-kira dua minggu ke depan,” kata Tri. Selain itu, lanjut Tri, peserta pemantauan juga terbatas.

Ia pun mendapat laporan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih. “Sangat terbatas, saya juga dilaporkan oleh Pak Zarkasih karena hari itu saya tidak berolahraga,” kata Tri.

Sebagai informasi, Pemkot Bekasi menggelar senam sparko dengan diikuti beberapa Pegawai Negeri Sipil (ASN) dan non-ASN di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (8/8/2023) pagi.

Memang pada Selasa sore nanti akan ada pertandingan Ligue 1 antara Bhayangkara Presisi Indonesia melawan Persebaya Surabaya. Peristiwa Pemkot Bekasi dituding melanggar Peraturan Teknis Ligue 1 2023/2024 yang ditetapkan PSSI, Pasal 17 No 2 berbunyi: “Lapangan permainan tidak boleh digunakan untuk kegiatan dan kegiatan selain latihan formal selama 48 jam. sebelum kick-off, kecuali ada pertandingan BRI Liga.” lainnya”.

Sebelumnya, izin yang diberikan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menggelar acara senam sparko bersama di Stadion Patriot Candrabhaga tiba-tiba dicabut oleh Pemkot Bekasi. Semula berijin, kemudian PKS berencana menggelar konser senam pada Sabtu (29 Juli 2023).

Namun, tiba-tiba Pemkot Bekasi membatalkannya pada hari H-1 acara tersebut. Menggelar senam di stadion Patriot padahal Pemkot Bekasi yang sebelumnya melarang PKS hanya menyebut digelarnya senam sparko yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga ternyata bentrok dengan massa. 

Pertandingan sepak bola Ligue 1 antara Bhayangkara Presisi FC dan PSM Makassar. Untuk itu, PKS menggelar aksi senam sparko atau flash mop di sepanjang trotoar Jalan Raya Inspeksi Kalimalang menuju Jalan Ahmad Yani.  

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours