Hadiri KTT G20 di India, Jokowi Mengajak Pemimpin Dunia Untuk Merawat Bumi

2 min read

Hadiri KTT G20 di India, Jokowi Mengajak Pemimpin Dunia Untuk Merawat Bumi – Presiden Jokowi menghadiri sesi pertama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi, India pada Sabtu, 9 September 2023. Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan isu lingkungan dan perubahan iklim dengan cara yang kreatif dan cerdas.

Dalam KTT G20 India yang diadakan di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, tema yang diangkat adalah “One Earth”. Jokowi mengajak para pemimpin negara G20 untuk melakukan tindakan nyata dalam menjaga kelestarian bumi. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengatakan, “Kita semua harus berbicara dengan tindakan, karena kita hanya memiliki satu bumi.”

Lebih lanjut, Jokowi menyebut bahwa menjaga bumi ini bukan hanya tanggung jawab satu pihak, tetapi juga milik semua orang dan generasi masa depan. “Satu bumi, untuk semua orang. Satu bumi, untuk kita dan generasi masa depan kita,” tegas Presiden.

Jokowi juga menyoroti upaya nyata yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam melindungi bumi. Salah satu aksi yang dilakukan adalah menekan deforestasi dan melakukan restorasi hutan mangrove di kawasan pantai. Sejak tahun 2022, Indonesia berhasil menurunkan emisi sebesar 91,5 juta ton. “Laju deforestasi berhasil ditekan hingga 104 ribu hektar. Hutan dan lahan telah direhabilitasi seluas 77 ribu hektar dan mangrove telah direstorasi seluas 34 ribu hektar,” jelas Presiden.

 

BACA JUGA : Jokowi Buka Suara soal Polusi Jakarta: Nggak Usah Panik, Ada Solusinya!

Di hadapan para pemimpin negara G20, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab dan berkomitmen dalam menjaga kelestarian bumi. “Kita harus saling bekerja sama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan melindungi lingkungan. Mari kita jaga bumi ini bersama-sama,” ajak Jokowi dengan nada santai.

Selain itu, Jokowi juga mengajak negara-negara G20 untuk berkolaborasi dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan energi fosil. “Kita harus mencari solusi inovatif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghindari dampak negatif perubahan iklim,” kata Presiden dengan semangat.

Dalam sesi pertemuan ini, Jokowi juga mengungkapkan harapannya agar negara-negara G20 dapat memberikan dukungan finansial dan teknologi kepada negara-negara berkembang dalam upaya melindungi lingkungan. “Kita harus saling membantu dan berbagi pengetahuan untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga kelestarian bumi,” ujar Jokowi dengan penuh keyakinan.

Dengan penekanan pada pentingnya aksi nyata dan kolaborasi antar negara, Jokowi berhasil menyampaikan pesan-pesan lingkungan dengan cara yang cerdas dan menginspirasi. Melalui kata-kata santai dan penuh semangat, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk berkomitmen dalam menjaga kelestarian bumi demi masa depan yang lebih baik.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours