Kata Gibran Soal Cawapres Gerindra: Terserah Cak Imin Saja

2 min read

Anggota Dewan Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan peluang Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo Subianto bergantung pada Presiden PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

André mengatakan, sebagai rekan dari aliansi Gerindra, Cak Imin adalah satu-satunya pemegang “tiket emas” cawapres Prabowo. Gerindra pun menyerahkan kepada Cak Imin, apakah tiket itu akan digunakan untuk dirinya sendiri atau diberikan kepada orang lain.

“Gus Muhaimin bisa menggunakan tiket emas untuk dirinya sendiri atau memberikannya kepada orang lain. Terserah dia,” kata Andre dalam acara The Political Show di CNN Indonesia TV, Senin malam (8/7). Nama Gibran, Wali Kota Solo dan putra Presiden Joko Widodo, sebenarnya masuk dalam bursa calon wakil presiden Prabowo. Keduanya bertemu beberapa kali.

Selain itu, menurut Andre, Prabowo berulang kali memuji Gibran sebagai calon pemimpin masa depan. Namun, kata dia, usulan cawapres akan ditentukan oleh partai koalisi.

“Tapi yang jelas selama ini saya ingin menegaskan kembali bahwa kehadiran calon wakil presiden Pak Prabowo selama ini adalah Muhaimin Iskandar,” ujarnya. 

Wakil Sekjen PKB Syaiful Huda tak menampik peluang Gibran menjadi pendamping Prabowo dibicarakan di dalam partainya. Namun, PKB masih menunggu keputusan resmi dari Mahkamah Konstitusi tentang syarat usia minimum calon presiden dan wakil presiden.

Dalam gugatannya, para penggugat menuntut agar usia minimal calon presiden dan wakil presiden diturunkan dari 40 menjadi 35 tahun. Gugatan itu akan menjadi pintu bagi Gibran untuk memasuki pasar jodoh pada pemilihan presiden cawapres 2024. “Dengan kami, ada orang yang membahasnya,” kata Huda.  

Mengenai usia cawapres minimal telah dibahas sebelumnya dan telah membuat patokan mulai dari 35-40 tahun. Namun, masih ada beberapa pihak yang kurang sependapat. Kita lihat saja nantinya bagaimana Gibran masuk ke dalam salah satu jajaran cawapres Gerindra yang akan melaju pada pemilu 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours