KPK Lakukan Operasi Tangkap Tangan di Basarnas pada 25 Juli Kemarin

3 min read

Komisi Pemberantasan Korupsi atau yang di singkat dengan sebutan KPK mengamankan sejumlah pihak dalam pendinakan atau Operasi Tangkap Tangan atau OTT yang di lakukan pada hari Selasa kemarin 25 Juli sore. Dari OTT yang dilakukan pada Selasa sore kemarin, KPK mengamankan beberapa pejabat Basarnas dan pihak swasta di dua lokasi, yakni Jakarta dan Bekasi.

Berdasarkan informasi dari sumber di lingkungan KPK yang mengetahui adanya penindakan atau Operasi Tangkap Tangan tersebut, beberapa pejabat Basarnas yang diamankan di antaranya adalah Letkol Adm Afri Budi Cahyanto. Letkol Afri adalah anggota TNI Angkatan Udara yang merupakan Koordinator Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas.

Operasi Tangkap Tangan yang Dilaksanakan KPK di Basarnas

Operasi Tangkap Tangan
Operasi Tangkap Tangan

Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta dan Bekasi pada Selasa, 25 Juli 2023 sore kemarin. Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron menyebut OTT terkait korupsi pengadaan barang dan jasa. “Benar, Kоmіѕі Pеmbеrаntаѕаn Kоruрѕі mеlаkukаn kеgіаtаn tаngkар tаngаn,” kаtа Gufrоn ѕааt dikonfirmasi, Sеlаѕа, 25 Juli 2023.

Gufron mengatakan, penyidik ​​melakukan OTT siang tadi pada pukul 14.00 WIB. Namun, Ghufron tidak menjelaskan detail dan informasi OTT tersebut, termasuk siapa saja yang ditangkap. “Dugaan serah terima terkait dengan tindak pidana korupsi pembelian barang dan jasa,” katanya. Gufron juga mengatakan bahwa penyidik ​​masih melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa Fakta dari Operasi Tangkap Tangan oleh KPK

Operasi Tangkap Tangan atau OTT yang digelar KPK dilakukan pada pukul 14.00 WIB. Di Jakarta, penangkapan dilakukan di kawasan Cilangkap, timur Jakarta. Berikut adalah beberapa fakta yang diketahui tentang penangkapan itu:

  • KPK Menyita Sejumlah Uang

Dalam OTT ini, KPK juga menyita uang yang diduga terkait kasus korupsi di Basarnas. Namun, juru bicara KPK, Ali Fikri enggan membeberkan jumlah uang yang dibawa. “Untuk jumlаh uаng уаng di bаwаh, tеntu kаmі masih аkаn kоnfіrmаѕі dаhulu kepada yang dіtаngkар sebelumnya,” ujarnya.

  • Kepala Koordinator Administrasi Basarnas Ditangkap

Sumber yang mengetahui penyidikan kasus ini mengungkapkan, pejabat Badan SAR Nasional atau Basarnas yang juga ditangkap di OTT KPK adalah Kepala Koordinator Administraso Basarnas, Letkol Afri Budi Cahyanto. Tempo membenarkan OTT ini kepada Marsekal Basarnas Henri Alfiandi. “Maaf, saya belum bisa konfirmasi,” katanya.

  • Tindak Korupsi di Basarnas

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Operasi Tangkap Tangan atau OTT yang dilakukan di Jakarta dan Bekasi terkait dengan korupsi pengadaan barang dan jasa yang dilakukan Badan SAR Nasional atau Basarnas. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan pejabat negara dan beberapa pihak swasta juga ditangkap dalam OTT yang di laksanakan pada 25 Juli kemarin.

  • Kepala Basarnas tidak Mengetahui Kasus ini

Kepala Basarnas Marsekal Muda Henri Alfiandi mengaku tidak mengetahui tentang adanya kasus yang membuat KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan ini. “Saya juga tidak mengerti yang mana,” ujarnya melalui pesan singkat, Selasa, 25 Juli 2023.

  • Pengadaan Barang dan Jasa

Wakil Ketua KPK, Ali Ghufron mengatakan OTT yang di lakukan kemarin terkait dengan dugaan suap dalam pengadaan barang dan jasa.“Memang KPK melakukan kegiatan tangkap tangan,” kata Ghufron saat dikonfirmasi, Selasa, 25 Juli 2023.

Akhir Kata

Itulah tadi sedikit informasi tentang Operasi Tangkap Tangan yang di lakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang di lakukan di dua tempat yaitu Jakarta dan Bekasi. Kegiatan tersebut di laksanakan untuk menindak adanya kasus korupsi yang terjadi di beberapa pejabat Negara. Pеrnуаtааn ini tеlаh dі ulаѕ oleh C-ES Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours