Menkes RI Bertemu Elon Musk, Mau Bikin ‘Puskesmas Pintar’

2 min read

Menteri RI Budi G. Sadikin bertemu Elon Musk. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Starlink, jaringan satelit milik Elon Musk, untuk menyediakan akses internet ke puskesmas yang berada di daerah tertinggal, perbatasan dan terjauh (3T).

“Upaya kita untuk menjamin pemerataan dan pemerataan pelayanan kesehatan di tanah air. Puskesmas sebagai garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat sehat harus memastikan infrastruktur yang memadai,” jelas Menkes RI dalam siaran persnya, dikutip Minggu (8/6/2023). Saat ini, dari lebih dari 10.000 Puskesmas yang ada, masih ada sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas Pembantu yang belum memiliki koneksi internet.

Konektivitas internet yang lebih baik dapat membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan dan komunikasi antar daerah akan memudahkan pelaporan dari penyedia layanan kesehatan secara real time. Kegiatan ini juga mendukung program digitalisasi transformasi kesehatan di Indonesia.

“Dengan akses internet, konsultasi layanan medis bisa dilakukan secara online. Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan melalui pelatihan jarak jauh juga bisa dilakukan,” kata Menkes RI Budi menjelaskan. 

Selain itu, ungkapnya peningkatan kemampuan tenaga kesehatan melalui latihan jarak jauh juga bisa dilakukan jika terdapat akses internet yang baik.

Budi mengungkapkan, dari lebih dari 10.000 Puskesmas yang ada saat ini, saat ini terdapat sekitar 2.200 Puskesmas dengan 11.100 Puskesmas penunjang yang belum memiliki akses internet.

Menurut Budi, konektivitas internet dapat mempermudah akses layanan kesehatan dan komunikasi antar daerah. Oleh karena itu, laporan dari fasilitas medis dapat dilakukan secara real time.

Starlink adalah nama jaringan satelit yang dikembangkan oleh perusahaan ruang angkasa swasta SpaceX untuk menyediakan akses internet murah ke lokasi terpencil. 

Starlink adalah satelit pertama dan terbesar di dunia yang konstelasinya menggunakan orbit rendah Bumi untuk menyediakan Internet berkecepatan tinggi yang mampu mendukung aktivitas online. 

Saat ini, fasilitas kesehatan di Filipina, Rwanda, Mozambik, dan Nigeria sudah menggunakan Starlink.  Oleh sebab itu, Menkes RI berharap agar Indonesia ikut menyusul dan bisa lebih maju layaknya negara lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours