Pemkab Gunungkidul Pameran Tanaman Hias dan Hasil Pertanian

2 min read

Pemerintah Provinsi Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pameran tanaman hias dan hasil pertanian pada 10-14 Agustus 2023. Pameran tersebut diselenggarakan untuk mendorong inovasi produk pertanian guna meningkatkan pendapatan petani. 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Gunungkidul Rismiyadi mengatakan, pameran ini merupakan kerjasama banyak pihak, mulai dari Badan Pangan Nasional, Bulog, pengusaha, kelompok tani terpadu (gapoktan) dan komunitas komunitas pecinta bonsai di Gunungkidul.

“Pameran yang digelar selama lima hari dari 10-14 Agustus 2023 ini mempertemukan banyak penjual produk pertanian, tanaman hias dan pelaku UMKM,” kata Rismiyadi, seperti dikutip Antara. Rismiyadi mengatakan, pameran tanaman hias yang berlangsung di Kompleks Biro Pertanian dan Boga Gunungkidul ini juga berlangsung dalam rangka menggali potensi yang ada di kabupaten tersebut. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan tahunan dan harus dilanjutkan.

“Antusiasme masyarakat juga cukup tinggi untuk berkunjung dan meramaikan pameran tersebut,” ujarnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap dengan diadakannya pameran tanaman hias seperti ini dapat memberikan dampak ekonomi yang baik. Hasil pertanian di Gunungkidul cukup kaya antara lain padi, kacang tanah, jagung, kedelai dan hasil pertanian lainnya. Hal tersebut mendorong petani untuk berinovasi agar produk pertanian memiliki nilai jual yang tinggi sehingga pendapatan petani meningkat. 

Pemerintah Provinsi Gunungkidul siap mendukung dan memasarkan hasil pertanian petani Gunungkidul, ujarnya. Sunaryanta berharap kedepannya pameran tanaman hias ini semakin meriah dan produk yang dipamerkan semakin beragam.

“Dan saya berharap sembako di Gunungkidul tersedia bahkan mubazir,” kata Sunaryanta.

Hal tersebut mendorong petani untuk berinovasi agar produk pertanian memiliki nilai jual yang tinggi sehingga pendapatan petani meningkat.

Pemerintah Provinsi Gunungkidul siap mendukung dan memasarkan hasil pertanian petani Gunungkidul, ujarnya. Sunaryanta berharap kedepannya pameran tanaman hias ini semakin meriah dan produk yang dipamerkan semakin beragam.

“Dan saya berharap sembako di Gunungkidul tersedia bahkan mubazir,” kata Bupati.

Hasil pertanian di Gunungkidul cukup kaya antara lain padi, kacang tanah, jagung, kedelai dan hasil pertanian lainnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours