Resmi Diubah, Begini Lintasan Uji SIM Huruf ‘S’ Gantinya Angka 8

2 min read

Lintas uji SIM huruf ‘S’ sudah pengganti angka 8. Korlantas Polri resmi mengubah jalur uji SIM (SIM) sebenarnya dari angka 8 menjadi huruf S. Ini bentuk jalur aslinya. Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023), jalur tes latihan diganti dengan desain baru. Lintasan terlihat lebih lebar dari desain sebelumnya.

Sirkuit ini mirip dengan desain yang dibagikan Korlantas Polri. Sisi lintasan memiliki tabung bercat hitam putih. Tabung tidak ditanam di tanah.

Anda tidak bisa melihat sirkuit nomor 8 yang dulunya ada di sekitar tempat latihan uji SIM. Jalur ini tidak dapat digunakan oleh komunitas karena pemeliharaan sistem.

Ubah Sirkuit Pemeriksaan Uji SIM

Sebelumnya, Korlantas Polri dikabarkan telah resmi mengubah lintasan tes latihan menjadi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hilang sudah operasi angka 8, tapi sekarang bentuk S.

Jaya Kombes Latif Usman, Direktur Perhubungan Polda Metro, mengatakan kepada detikcom, Kamis (8/3), bahwa “tes 8 puzzle telah diganti dengan puzzle berbentuk S”.

Selain itu, lebar lintasan juga berubah menjadi lebih lebar

“Dimensi lebar lintasan diperluas dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,” imbuhnya.

Latif mengatakan modifikasi trek sirkuit menyediakan empat bahan uji yang sebenarnya. Mulai saat ini, ujian berlangsung tanpa materi uji SIM zig-zag atau slalom. “Besok dimulai di Daan Mogot. Rencananya akan ditinjau langsung oleh Kakorlantas,” ujarnya.

Berikut adalah perubahan utama pada ujian praktik SIM:

  1. Perubahan lintasan adalah sekarang satu putaran dapat mengadakan 4 tes latihan
  2. Tidak ada tes zig-zag atau material slalom
  3. Tes pembentukan angka 8 diganti dengan tes pembentukan ‘S’
  4. Lebar lajur diperlebar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.  

Kini uji SIM telah berubah. Anda bisa mencatat apa saja perubahan yang telah ditentukan oleh pihak kepolisian.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours