5 Alasan Harga Bitcoin Selalu Fluktuatif

3 min read

Berbicara mengenai mata uang kripto (crypto) tidak akan lepas dari risiko yang dihadapi. Hal ini karena pergerakan harga Bitcoin selalu berfluktuasi. Untuk itu, saat ingin berinvestasi atau trading, Anda harus mengetahui penyebab pergerakan tersebut.

Harga Bitcoin selalu mengalami fluktuasi nilai aset dalam hitungan detik, menit, jam, harian atau bahkan mingguan. Jika saat itu Bitcoin bisa naik tinggi, maka dalam beberapa hari kedepan harga juga bisa turun. Namun, perubahan tidak selalu buruk, hal itu dapat memberikan peluang keuntungan.

Rasio Sharpe Bitcoin selalu lebih tinggi daripada aset lainnya. Ini adalah salah satu metrik keuangan favorit investor Wall Street yang mendukung klien Bitcoin mereka. Jadi mengapa Bitcoin berfluktuasi?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 alasan mengapa bitcoin berubah, antara lain:

  1. Ketidakpastian Harga Bitcoin

Volatilitas Bitcoin juga sebagian besar disebabkan oleh perbedaan konsep nilai dalam cryptocurrency sebagai penyimpan nilai dan metode transfer nilai. Penyimpan nilai adalah fungsi properti yang mungkin berguna di masa depan untuk prediksi tertentu.

Sedangkan transfer nilai adalah segala sesuatu atau konsep yang digunakan untuk mengalihkan aset sebagai aset dari satu pihak ke pihak lain. Volatilitas harga Bitcoin saat ini menjadikannya penyimpan nilai yang tidak pasti, tetapi menjanjikan untuk memberikan nilai yang hampir tidak terbatas. Oleh karena itu, nilai bitcoin bisa berubah tergantung berita, seperti halnya mata uang fiat.  

  1. Berita buruk mempengaruhi pergerakan pasar

Berita tentang situasi ekonomi global memiliki pengaruh yang besar terhadap pergerakan pasar. Terjadi peristiwa yang dapat menakuti pengguna Bitcoin, termasuk yang terkait dengan geopolitik dan klaim bahwa pemerintah akan mengatur Bitcoin.

Pengadopsi awal Bitcoin, termasuk beberapa individu yang tidak bertanggung jawab, menjadi berita utama yang membuat takut investor. Sejarah negatif Bitcoin selama dekade terakhir termasuk Mt. Gox pada awal 2014 dan bursa Korea menutup Yapian Youbit.

Sepotong berita lain yang mengejutkan investor adalah penggunaan Bitcoin untuk menjual obat-obatan melalui Silk Road, yang berakhir dengan penutupan FBI pada Oktober 2013. Faktanya, salah satu berita bitcoin terbaru adalah usulan pajak bitcoin, sebagaimana disebutkan dalam artikel ini.

Semua peristiwa ini dan kepanikan publik yang diakibatkannya dapat menyebabkan nilai Bitcoin turun dengan cepat. Namun, investor pro-Bitcoin melihat peristiwa tersebut sebagai bukti bahwa pasar berkembang dan dapat menyebabkan nilai Bitcoin turun dalam waktu dekat.  

  1. Masalah Keamanan Menyebabkan Fluktuasi Harga Bitcoin

Bitcoin juga bisa turun karena komunitas crypto mampu mengungkap kelemahan keamanan di Bitcoin. Oleh karena itu, pengembang Bitcoin harus mengungkapkan masalah keamanan kepada publik untuk mendapatkan solusi yang kuat. Dan tentu saja, untuk mencegah investor memperdagangkan Bitcoin.  

  1. Opini publik tentang Bitcoin

Salah satu alasan harga Bitcoin berfluktuasi terhadap mata uang fiat adalah persepsinya sebagai penyimpan nilai. Bitcoin memiliki sifat yang membuatnya terlihat seperti emas. Itu dikendalikan oleh aturan kreatif yang membatasi produksi hingga hanya 21 juta Bitcoin.

Karena itu, sifatnya sangat berbeda dengan fiat money yang dikontrol ketat oleh pemerintah. Uang fiat digunakan untuk menjaga biaya tetap rendah, menciptakan lapangan kerja tinggi, dan tumbuh melalui investasi dalam sumber daya keuangan.  

  1. Pemegang akun jumbo di pertukaran Bitcoin

Volatilitas harga Bitcoin juga sangat dipengaruhi oleh siapa yang memiliki mayoritas total Bitcoin yang beredar. Untuk seorang investor bitcoin yang saat ini memiliki lebih dari 10 juta dolar AS, itu pasti bisa menjadi pengubah permainan yang begitu besar, pasti bisa mengguncang pasar.

Jadi orang bermodal besar atau paus bisa membuat gelombang hanya dengan mengibaskan ekornya. Anda dapat membaca bagaimana paus mengendalikan Bitcoin di beberapa berita.

Dalam hal ini, harga Bitcoin belum mampu mencapai tingkat adopsi pangsa pasar yang diperlukan untuk memberikan nilai opsi kepada mereka yang memiliki jumlah besar. Oleh karena itu, pergerakan para pedagang, raja aset kripto, penggiat kripto sangat perlu diwaspadai. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours