China Rilis Pajak Usaha Kecil untuk Dongkrak Ekonomi 2023

3 min read
Pajak Usaha Kecil
Pajak Usaha Kecil

Mak Kementerian Keuangan China memperkenalkan serangkaian kebijakan stimulus fiskal yang bertujuan untuk memberikan keringanan Pajak Usaha Kecil, dengan tujuan mendukung perkembangan bisnis dan memperkuat kondisi rumah tangga di wilayah pedesaan. Langkah ini diambil dalam rangka menggalakkan pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan keringanan Pajak Usaha Kecil ini diarahkan dengan jelas untuk memberikan manfaat ekonomi yang signifikan kepada usaha-usaha kecil, yang sering kali merupakan tulang punggung perekonomian lokal di daerah pedesaan.

Keringanan Pajak Usaha Kecil dalam Mendukung  Pertumbuhan Ekonomi

Pajak Usaha Kecil
Pajak Usaha Kecil

Paket langkah kebijakan ini telah secara khusus disusun guna memberikan bantuan berupa pembebasan pajak yang substansial bagi usaha kecil. Dengan memangkas beban pajak ini, pemerintah bertujuan agar pelaku bisnis dalam kategori ini mampu mengakses sumber daya finansial yang lebih luas, yang sangat penting untuk mendukung proses pertumbuhan, pengembangandan penciptaan inovasi.

Langkah ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi terbentuknya lapangan kerja baru, merangsang terciptanya inovasi, serta meningkatkan kemampuan bersaing baik di skala lokal maupun nasional.

China Merilis  Langkah untuk Mendorong Perekonomian

Pemerintah Tiongkok telah meluncurkan serangkaian tindakan dalam sebuah dokumen berjudul “Paket Tindakan Kebijakan untuk Menstabilkan Ekonomi,” yang terdiri dari 33 langkah yang dirancang untuk memberikan dukungan kepada bisnis. Langkah-langkah ini, pertama kali diperkenalkan selama pertemuan rutin Dewan Negara.

  1. Perluasan Kebijakan Keringanan Pajak dan Pengurangan Biaya

Dalam upaya untuk mendukung usaha mikro, kecildan menengah (UMKM) yang dianggap sebagai tulang punggung ekonomi Tiongkok, paket kebijakan ini mencakup 14 mekanisme berbeda. UMKM memiliki peran yang vital dalam ekonomi negara ini, menyumbang lebih dari setengah Produk Domestik Bruto (PDB) dan menjadi pemberi lapangan pekerjaan utama.

Namun, mereka juga tergolong rentan terhadap gangguan ekonomidan inilah mengapa pemerintah mengambil langkah-langkah tegas untuk melindungi keberlangsungan mereka.

Salah satu langkah penting dalam paket kebijakan ini adalah perluasan kebijakan keringanan pajak dan pengurangan biaya. Langkah ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial kepada UMKM. Upaya ini tidak hanya membantu dalam mempertahankan aktivitas bisnis, tetapi juga berpotensi merangsang pertumbuhan lebih lanjut dalam sektor ini.

  1. Memperluas Kebijakan Rabat Kredit PPN

Pemerintah juga berupaya memperluas cakupan bisnis yang berhak menerima potongan kredit Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Langkah ini memiliki dampak positif pada sejumlah sektor industri dan perusahaan dengan berbagai ukuran.

Melalui pengembalian bulanan untuk PPN inkremental dan pengembalian satu kali kredit PPN yang tersisa, pemerintah berharap untuk memberikan bantuan kepada lebih banyak entitas bisnis, termasuk usaha mikro dan kecil, serta perusahaan dari berbagai industri.

Selain itu, paket kebijakan ini juga mencakup langkah-langkah untuk menunda pembayaran premi jaminan sosial. UMKM dan perusahaan perseorangan di sektor-sektor yang terdampak pandemi diberikan fleksibilitas untuk menunda pembayaran premi jaminan sosial dasar, seperti asuransi pensiun, asuransi penganggurandan asuransi terkait cedera pekerjaan.

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui

Mak dengan rilisnya paket kebijakan keringanan Pajak Usaha Kecil di Tiongkok, langkah ini memberikan harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi dan perubahan dinamika global, pemerintah China menunjukkan komitmen nyata untuk merangsang aktivitas ekonomi di semua lapisan masyarakat.

Paket keringanan pajak ini mencerminkan tekad Tiongkok untuk terus beradaptasi dengan perubahan ekonomi global dan mengambil tindakan proaktif dalam mendorong pertumbuhan. Dengan langkah-langkah ini, Tiongkok tidak hanya menghadapi tantangan, tetapi juga membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours