Kerjasama ASEAN Dorong Pertumbuhan Ekonomi Terbaru 2023

3 min read

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) telah menjadi salah satu blok regional yang memiliki peran penting dalam menggalang kerja sama ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Kerja Sama ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, telah membawa manfaat nyata bagi Pertumbuhan Ekonomi di wilayah ini.

Pertumbuhan Ekonomi merupakan suatu tujuan yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara atau kawasan. Hal ini mencakup upaya untuk mengurangi kesenjangan ekonomi antara daerah yang maju dan daerah yang tertinggal, serta menciptakan kesempatan ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Momentum Pertemuan Negara Asean untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi

Pertemuan negara-negara ASEAN dianggap sebagai momentum penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan, dengan tujuan agar pertumbuhan tidak hanya cepat tetapi juga merata dan memberikan hasil konkret bagi masyarakat.

Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, menyampaikan hal tersebut setelah berlangsungnya The 44th Meeting of the High-Level Task Force on ASEAN Economic Integration and Related Meetings di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Acara tersebut merupakan pertemuan tingkat tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan terkait pilar ekonomi, yang nantinya akan disampaikan kepada kepala negara/kepala pemerintahan dalam Asean Summit yang akan digelar di Jakarta.

Dalam pertemuan ini, para peserta membahas berbagai hal terkait kerangka kerja dengan ekonomi biru, upaya penurunan emisi karbon dalam strategi carbon neutrality, dan berbagai isu penting lainnya. Termasuk dalam pembahasan tersebut, isu kendaraan listrik turut menjadi fokus perhatian.

Pertemuan ini menegaskan komitmen ASEAN dalam mencari solusi dan strategi yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata di seluruh kawasan. Dengan berbagai isu penting yang dibahas, diharapkan hasil dari pertemuan ini akan memberikan dampak nyata bagi kemajuan ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara anggota ASEAN.

Melalui kerjasama dan kolaborasi yang erat, ASEAN berupaya untuk mencapai visi menjadi kawasan yang adil, inklusif, dan berdaya saing tinggi, serta memberikan manfaat positif bagi seluruh rakyat ASEAN.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi ASEAN yang Cepat dan Merata

Indonesia aktif berperan dalam memperkuat kerja sama di kawasan ASEAN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang cepat dan merata. Upaya ini diarahkan untuk memberikan hasil konkret yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat ASEAN.

Dalam forum-forum tingkat tinggi ASEAN, Indonesia menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara negara-negara anggota untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Dorongan ini bermaksud agar seluruh lapisan masyarakat di kawasan ASEAN dapat merasakan manfaat dari kemajuan ekonomi yang dicapai.

Dengan fokus pada pertumbuhan ekonomi yang merata, Indonesia berkomitmen untuk memperkuat sektor-sektor ekonomi yang masih tertinggal di beberapa daerah ASEAN. Langkah-langkah strategis dan rekomendasi kebijakan akan dihasilkan dalam pertemuan tingkat tinggi, yang bertujuan untuk menyampaikan solusi nyata dan konkrit bagi masalah yang dihadapi kawasan.

Selain itu, Indonesia turut mendorong adanya kerjasama dalam sektor-sektor inovatif dan berbasis teknologi, seperti ekonomi biru dan upaya penurunan emisi karbon sebagai bagian dari strategi carbon neutrality. Isu kendaraan listrik juga menjadi bagian dari pembahasan dalam kerja sama ekonomi ini.

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui

Melalui upaya bersama, Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya berharap dapat menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif, meningkatkan aksesibilitas pasar, serta mendukung pertumbuhan sektor ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat. Komitmen ini merupakan langkah maju dalam menjalankan visi ASEAN sebagai kawasan yang berdaya saing tinggi, inklusif, dan sejahtera. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours