Para Pejabat Paling Kaya di Indonesia, dari Bupati sampai Menteri

3 min read

Pemberitahuan kepemilikan penyelenggara negara telah disebar KPK melalui laman e-lhkpn. Setiap warga negara Indonesia dapat memeriksa kekayaan setiap pejabat pemerintah. Oleh karenanya terlihat mana pejabat paling kaya di Indonesia.

Dengan data terbaru per Desember 2022, berikut daftar 10 pejabat pemerintah terkaya di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi pejabat paling kaya dengan total kekayaan bersih Rp10,9 triliun.

Berikut daftar pejabat terkaya di Indonesia berdasarkan laporan yang disampaikan ke KPK:  

  1. Pejabat paling kaya nomor satu, Sandiaga Uno kekayaan 10,9 triliun rupiah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta memegang porsi terbesar. Selain itu, aset lainnya berupa tanah dan bangunan yang sebagian berlokasi di Jakarta.

  1. Dato Sri Tahir kekayaan Rp 9,2 triliun

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sekaligus pendiri Mayapada Group ini menjadi pejabat paling kaya dengan Rp9,2 triliun. Dato Sri Tahir menduduki peringkat pertama PNS terkaya tahun 2021. 

  1. Nadiem Makarim kekayaan Rp4,8 triliun

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, memiliki aset senilai Rp4,8 triliun. Nadiem Makarim sebelumnya dikenal sebagai pendiri perusahaan teknologi Gojek.

  1. Sakti Wahyu Trenggono kekayaan Rp 3 triliun

Berikutnya Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan dengan total aset Rp3 triliun. Sakti Wahyu Trenggono mengabarkan bahwa dirinya merupakan salah satu pejabat yang tidak terlilit utang.

  1. Erick Thohir kekayaan Rp 2,3 triliun

Erick Thohir, Menteri BUMN, menempati urutan kelima dengan total aset Rp2,3 triliun. Menurut informasi di e-lhkpn, kekayaan terbesar Erick Thohir berasal dari surat berharga senilai $1,7 triliun.

  1. Prabowo Subianto kekayaan Rp 2 triliun

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengumpulkan asetnya berupa tanah dan bangunan senilai Rp275 miliar, alat transportasi senilai Rp1,2 miliar, aset likuid lainnya senilai Rp16,4 miliar, surat berharga Rp1,7 triliun dan lainnya Rp47 miliar.

  1. Luhut Binsar Pandjaitan kekayaan Rp 897,6 miliar

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar menduduki peringkat ketujuh dengan aset saham terbesar Rp340 miliar. Selain itu, pelepasan tanah dan bangunan senilai Rp251 miliar.

  1. Rachmad Gobel kekayaan Rp 563,1 miliar

Pejabat paling kaya selanjutnya ada Wakil Presiden DPR Rachmad Gobel memiliki tanah dan bangunan di Jakarta Selatan, Depok, dan Australia senilai Rp 192 miliar. Setelah itu, surat berharga Rp225 miliar, kas dan setara kas Rp170 miliar, uang tunai Rp40 miliar lagi, dan 1 mobil senilai Rp800 juta.

  1. Wiranto kekayaan Rp 460,8 miliar

Kekayaan terbesar Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu berasal dari 45 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 215 miliar. Kekayaan terbesar kedua Wiranto berasal dari aset lain senilai Rp 117 miliar. 

  1. Airlangga Hartarto kekayaan Rp 454,3 miliar

Aset tanah dan bangunan milik Airlangga Hartarto yang berlokasi di Jakarta Selatan, Gianyar, Australia, Manado, dan Bogor itu senilai Rp 113 miliar. Selain itu, pejabat kementerian yang membidangi koordinasi ekonomi memiliki kas dan setara kas Rp335 miliar.

Inilah 10 pejabat paling kaya Indonesia yang Dilaporkan KPK melalui e-lhkpn. Setiap kader dan PNS wajib melaporkan harta kekayaannya kepada Negara setiap tahun.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours