Pemkab Gumas Gelar Audiensi untuk Tata Kelola Keuangan 2023

3 min read

Pemerintah Kabupaten Gumas semakin menunjukkan komitmennya untuk Menghadirkan Inovasi dalam tata Kelola Keuangan daerah. Pada hari Rabu, tanggal 2 Agustus 2023, Pemerintah Kabupaten Gumas menggelar sebuah audiensi penting dengan perwakilan dari Bank Indonesia (BI) guna membahas rencana implementasi tata kelola keuangan daerah berbasis digital.

Audiensi ini merupakan langkah awal yang penting dalam transformasi ke arah tata Kelola Keuangan yang lebih transparan, efisien, dan akuntabel. Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Gumas sangat antusias untuk memanfaatkan teknologi digital guna mengoptimalkan pengelolaan keuangan daerah.

Manfaatkan Teknologi Digital untuk Kelola Keuangan

Kelola Keuangan
Kelola Keuangan

Salah satu fokus utama dalam pertemuan ini adalah eksplorasi berbagai solusi teknologi digital yang dapat diintegrasikan dalam sistem tata kelola keuangan daerah. Pemkab Gumas berharap dapat memanfaatkan teknologi blockchain untuk memastikan keamanan dan keabsahan data keuangan.

Selain itu, pembahasan juga mencakup pengembangan aplikasi berbasis mobile yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi keuangan daerah secara real-time.

Pemkab Gumas juga mengutarakan rencana untuk mengadopsi metode pembayaran digital dalam berbagai transaksi pemerintah daerah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam proses pembayaran, serta mendukung upaya promosi penggunaan uang elektronik di tingkat lokal.

Menuju Tata Kelola Keuangan Daerah Berbasis Digital

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Pemkab Gumas) melaksanakan acara Audiensi dan Koordinasi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini berlangsung di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati Gumas.

Wakil Bupati Gumas hadir dalam acara ini bersama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Gumas, Edison, serta perwakilan dari berbagai Perangkat Daerah yang termasuk dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Dalam laporan yang disampaikannya, Kepala Bapenda menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengakselerasi serta memperluas pelaksanaan transaksi elektronik di lingkup pemerintah daerah. Selain itu, tujuan lainnya adalah mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital guna mencapai efisiensi, efektivitas, transparansi, serta tata kelola keuangan yang terpadu.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran dari TP2DD, yang nantinya akan digunakan untuk merumuskan rekomendasi strategis dan rencana aksi terkait transaksi elektronik pemerintah daerah, dengan mempertimbangkan arah kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah dan pusat.

Wakil Bupati Gumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini memberikan dukungan dan panduan yang sangat berharga untuk meningkatkan skor pencapaian menuju standar yang lebih tinggi. Dengan demikian, pengelolaan keuangan daerah dapat dilakukan secara digital dalam berbagai aspek transaksi pengeluaran.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Gunung Mas untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik dan tata kelola keuangan yang lebih baik.

Melalui upaya-upaya seperti ini, diharapkan Kabupaten Gumas dapat menjadi contoh yang menginspirasi bagi daerah lain dalam mengadopsi praktik tata kelola keuangan yang modern dan efisien.

AKhir Kata

Pemkab Gumas telah melangkah maju dengan langkah yang teguh dalam upaya menuju tata Kelola Keuangan yang lebih modern dan efisien. Dengan menggelar audiensi ini, mereka telah menegaskan tekad untuk menghadirkan perubahan nyata dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dengan terus membangun kolaborasi, mengadopsi teknologi, dan mengutamakan prinsip efisiensi dan transparansi, kita dapat berharap masa depan yang lebih baik bagi tata kelola keuangan di seluruh negeri. Sekian terimakasih semoga bermanfaat bagi Anda. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours