4 Manfaat Senam Lantai yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3 min read

Senam Lantai menjadi salah satu dari banyak rumpun senam. Seperti namanya, gerakan atau bentuk senam ini dilakukan di atas lantai. Jadi, saat melakukan senam ini, lebih aman menggunakan matras sebagai alat untuk digunakan. Penggunaan matras sendiri dinilai sebagai alat utama yang memiliki fungsi untuk mengurangi resiko cedera yang tidak diinginkan.

Senam Lantai akan memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita jika dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini snagat penting karena senam ini memerlukan kombinasi gerakan dan koordinasi anggota tubuh hingga koordinasi otot dan persendian. Jika tidak dilakukan dengan baik dan benar, maka tidak akan ada gunanya, tetapi dapat mengakibatkan cedera.

Senam Lantai yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Senam Lantai
Senam Lantai

Senam lantai merupakan salah satu latihan menjaga kebukan tubuh dengan gerakan sistematis dan terencana yang dilakukan di lantai dengan matras sebagai alas. Matras bernmanfaat untuk meminimalisir kejadian luka akibat gesekan kulit.

Anda juga dapat melakukan senam lantai di mana saja dengan membawa matras ini, bahkan di luar ruangan. Selain itu, senam lantai biasanya berupa gerakan akrobatik, seperti bersandar, berputar, berguling dan senam ini memilki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut manfaat dari senam lantai untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Senam Lantai

Jika dilakukan dengan benar, maka akan membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari senam lantai. Berikut akan kami jelaskan secara lengkap manfaat senam laintai yang harus Anda ketahui.

  1. Membuat tubuh lentur

Senam lantai dapat membantu dalam membuat tubuh kita lebih lentur dari sebelumnya, terutama bagi yang jarang olahraga. Latihan lantai secara teratur dapat membantu Anda  bergerak lebih fleksibel dan mencegah cedera saat melakukan aktivitas lain.

Kelenturan tubuh dapat memberikan kelincahan dan kecepatan otot dan persendian untuk membantu pergerakan Anda dalam aktivitas selain olahraga. Misalnya, saat Anda berjalan, mengangkat barang, memanjat pohon mungkin. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Memperkuat tulang

Dalam  senam lantai, tubuh berlatih untuk menopang berat badannya sendiri. Jika dilakukan secara rutin maka Anda bisa merasakan manfaatnya seperti semakin kuatnya tulang yang Anda miliki tentunya tulang juga akan semakin sehat.

Selain itu, jika Anda masih muda, kepadatan tulang akan lebih maksimal. Dengan memperkuat tulang Anda sejak dini, Anda dapat mengurangi risiko osteoporosis pada orang tua. Berolahraga seperti senam lantai dapat menyehatkan dan menguatkan tulang.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Tidak hanya memiliki tulang yang kuat, senam lantai dapat membuat otot menjadi lebih kuat. Karena senam ini menggerakkan seluruh anggota tubuh kita. Dalam gerakannya secara tidak langsung membuat otot mengenali beban yang didapat dari latihan ini.

Saat otot terbiasa, mereka secara bertahap memperkuat diri mereka sendiri dan otot terbiasa dengan beban yang mereka terima selama senam lantai.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Senam  lantai juga memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang rutin melakukan senam lantai otomatis akan membentuk proteksi yang kuat. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit dalam tubuh kita. Latihan lantai yang teratur ini dapat membangun daya tahan tubuh, seperti halnya latihan kardiovaskular.

Akhir Kata

Dengan melakukan Senam Lantai, tentunya banyak sekali manfaat yang didapat bagi setiap tubuh. Tentunya manfaat tersebut harus didukung dengan konsumsi nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, tidak lupa juga kualitas hidup yang baik agar manfaat senam lantai tidak terbuang sia-sia. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours