5 Kebiasaan Baik Orang Jepang yang Membuat Umur Panjang

3 min read

Seperti yang diketahui, orang Jepang terkenal memiliki umur panjang. Mereka memiliki kebiasaan yang sehat sehingga punya angka kehidupan lebih panjang dari negara lain. Selain perbedaan genetik, mereka juga memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang memengaruhi umur panjang.

Apakah Anda juga ingin panjang umur dan sehat? Yuk pelajari kebiasaan baik yang bisa ditiru dari orang Jepang. 

  1. Makan rumput laut

Masakan Jepang menampilkan berbagai makanan nabati yang bergizi, termasuk rumput laut. Ada banyak bentuk dan cara pengolahan rumput laut di Jepang yang tentunya memiliki nilai gizi yang tinggi.

Tumbuhan laut kaya akan mineral seperti yodium, tembaga, dan besi, termasuk antioksidan, protein, serat, dan asam lemak omega-3. Salah satu olahan yang terkenal saat ini adalah nori. Camilan rumput laut bisa Anda makan untuk menggantikan kerupuk atau keripik, bahkan menggunakannya untuk menghias berbagai masakan.

  1. Orang Jepang Makan Makanan Laut

Kebiasaan mengkonsumsi makanan laut juga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Jepang memiliki tingkat penyakit jantung terendah di dunia karena orangnya suka makan makanan laut.

Diet Jepang terdiri dari sekitar tiga ons makanan laut per hari. Makan makanan laut dua kali seminggu tidak hanya baik untuk kesehatan jantung Anda, tetapi juga baik untuk kesehatan otak dan emosional Anda.

Makanan laut dapat disiapkan dengan cepat seperti dipanggang atau dipanggang dengan bumbu sederhana. Untuk kesehatan dan umur panjang, cobalah untuk memasukkan ikan dan makanan laut lainnya secara teratur ke dalam menu harian Anda.

  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau bisa dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat karena mengandung antioksidan. Orang Jepang suka minum teh hijau.

Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan, melindungi sel tubuh dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, dan memberi makan bakteri baik di usus.

Teh hijau tanpa pemanis sangat baik. Namun Anda juga bisa membuat teh hijau dalam bentuk smoothies, oatmeal, bahkan beras merah dan quinoa.

  1. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Orang Jepang memiliki pepatah “hara hachi bu”, yang berarti makan sampai Anda 80% kenyang. Dengan pemikiran ini, Anda harus makan sampai kenyang dan tidak terlalu kenyang. Berikan ruang untuk sisa perut Anda, makanlah secukupnya tanpa berlebihan.

Jika Anda ingin berolahraga, mulailah bertanya pada diri sendiri, “Seberapa lapar saya?” sebelum makan, jadi Anda tahu berapa banyak yang bisa Anda makan.

  1. Berenang di Hutan

Di Jepang, praktik shinrin-yoku yang artinya mandi di hutan atau berendam di hutan (menikmati suasana di hutan) merupakan salah satu bentuk terapi alami.

Selain berjalan di luar ruangan, mandi hutan juga berfokus pada kesadaran dan mendengarkan alam. Saat berada di alam bebas, Anda dapat menggunakan semua indra Anda, seperti merasakan angin atau matahari, mendengar gemerisik dedaunan, atau berjalan di atas rerumputan.

Ketika menggunakan indera Anda di alam, itu memungkinkan tubuh lebih rileks. Kebiasaan orang Jepang mandi hutan juga memiliki efek yang baik seperti mengontrol hormon stres, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menyegarkan badan. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours