5 Kebiasaan Gaya Hidup Orang Jepang yang Membuat Tubuh Mereka Sehat

3 min read

Tidak jarang masyarakat menerapkan kebiasaan masyarakat budaya lain untuk memiliki kehidupan yang berkualitas. Salah satu yang paling populer adalah cara hidup Orang Jepang yang dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup dan menjaga keshatan tubuh. Di jepang banyak lansia yang sudah berumur yang memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Menjalani hidup sehat dan panjang umur pasti menjadi keinginan setiap orang. Bagi orang Jepang, dua hal ini sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Tentu saja, hidup sehat dan umur panjang tidak datang tanpa usaha. Orang Jepang memiliki sejumlah kebiasaan yang dianggap efektif untuk membuat mereka hidup sehat dan panjang umur.

Slogan Orang Jepang Agar Tubuh Tetap Terjaga

Orang Jepang
Orang Jepang

Saat makan, orang Jepang memiliki prinsip berhenti makan sebelum kenyang. Hal ini karena saat Anda tidak terlalu kenyang, tubuh Anda lebih rileks dan memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, mereka memiliki slogan “hara hachi bu” yang berarti makan sampai Anda merasa 80% kenyang.

Beberapa Kebiasaan Orang Jepang Untuk Menjaga Kesehatan

Banyak orang Jepang yang hidup sehat, bugar dan bahagia sampai tua. Tak jarang kebiasaan mereka sehari-hari menjadi panutan banyak orang. Ingin menerapkan kebiasaan mereka. Ikuti tips ini untuk membuat diri Anda lebih bahagia dan memiliki umur yang panjang.

  1. Diet seimbang dalam makanan sehari-hari

Kesehatan masyarakat Jepang menjadi perhatian publik. Tidak dapat dipungkiri, hal ini membutuhkan kebiasaan makan dengan pola makan yang seimbang. Orang Jepang banyak makan ikan, buah-buahan, sayuran, serta makanan rendah kalori dan berlemak.

Menu ini merupakan asupan seimbang yang dapat menyehatkan tubuh. Ketika tubuh sehat dan bugar, suasana hati menjadi baik, yang memberikan perasaan bahagia.

  1. Minumlah teh hijau secara teratur

Bukan sekedar kebiasaan, mengonsumsi teh hijau juga menjadi ritual bagi orang Jepang. Teh hijau sendiri dikenal sebagai minuman yang kaya manfaat untuk kesehatan. Kandungan antioksidannya dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi otak.

Selain itu, teh hijau juga mampu mengurangi risiko depresi dan kecemasan karena mengandung L-theanine yang dapat meningkatkan mood.

  1. Kebiasaan Introspeksi Diri

Ketika mengalami kegagalan atau ingin mengetahui tujuan hidup mereka, orang Jepang sering melakukan refleksi diri untuk lebih mengenal diri mereka sendiri. Tindakan ini akan membuat seseorang lebih tenang dan mengetahui potensi dirinya. Pada akhirnya, hal ini akan mempengaruhi kepuasan hidup. Kepuasan dalam hidup memberikan perasaan bahagia yang tidak jauh berbeda dengan konsep ikigai.

  1. Habiskan waktu di ruang hijau

Pemandangan alam dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Praktik ini adalah bentuk ekoterapi yang baik untuk kesehatan mental. Kebiasaan ini bisa Anda terapkan dengan menghabiskan waktu di taman dan menyatu dengan alam. Orang Jepang menggunakan ritual ini untuk bersantai setelah beraktivitas.

  1. Suka belajar

Bagi orang Jepang, mempelajari hal baru merupakan hal menarik yang sudah menjadi kebiasaan. Tidak jarang orang Jepang mengambil kursus tambahan untuk memperluas pengetahuan dan kemampuan mereka.

Bagi mereka, pembangunan itu penting. Mempelajari hal-hal baru dapat membuat Anda mengeksplorasi diri sendiri dan meningkatkan kreativitas Anda. Lagi pula, aktivitas ini baik untuk kesehatan mental Anda dan membuat hidup Anda lebih bahagia.

Akhir Kata

Mengadopsi kebiasaan Orang Jepang yang bisa menjadi cara untuk membuat hidup bahagia dan memuaskan. Lakukan olahraga, relaksasi tubuh, dan aktivitas positif lainnya untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours