5 Wisata Hijau Bumi Journey, Tanam Mangrove dan Terumbu Karang

3 min read

Traveler yang mencari aktivitas bertemakan lingkungan dapat mengikuti aktivitas Bumi Journey, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk menyediakan perjalanan (trip) dengan konsep ramah lingkungan. Tujuannya agar kegiatan wisata hijau tidak hanya membawa keceriaan bagi peserta trip tetapi juga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan yang dikunjungi.

“Ketika kita bepergian, itu seperti ketika kita kedatangan tamu. Orang yang kita kunjungi harus merasa senang dan memberikan dampak yang baik ketika para tamu kembali,” kata tim Bumi Journey, Salsabila Firda di kalender mangrove Du Park Angke Kapuk, Jakarta Utara, mengatakan. , Jumat (8 April 2023).

Itinerary Bumi menawarkan berbagai aktivitas yang bisa diikuti oleh para traveler, baik secara rombongan maupun travelling sendirian atau sendirian. Berikut adalah beberapa perjalanan yang diselenggarakan oleh Bumi Journey.

  1. Mangrove Advanture: Race to Net Zero

Perjalanan wisata hijau ini dibawa ke Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatannya meliputi sesi iklim (sesi tentang pemahaman iklim dan peran penting mangrove). Ini diikuti oleh sesi Race to Net Zero, di mana para peserta akan bertindak sebagai pelaku bisnis untuk membuat keputusan investasi terkait emisi karbon dan ketentuan keuangan. Setelah itu, akan ada sesi penanaman bakau secara langsung oleh para delegasi.

  1. Pulau Seribu, Desa Laguna Regenerative  

Kegiatan ini dilakukan di Desa Laguna, Pulau Karang Bongkok, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kegiatannya adalah melihat pantai sambil menikmati masakan rumahan. Di akhir kegiatan akan dilakukan penanaman mangrove atau penanaman karang di sekitar pulau.

  1. Pulau Harapan Mangrove Conservation 

Selanjutnya wisata hijau ini dilakukan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Awalnya, peserta akan naik kereta cepat dari Jakarta menuju lokasi. Setelah itu acara dibuka dengan Climate Session, kemudian dilanjutkan dengan belajar bibit mangrove dan mengunjungi pusat pembibitan mangrove. Diakhir kegiatan akan dilakukan penanaman mangrove langsung ke laut oleh para delegasi.

  1. Wisata Hijau Jakarta Mangrove Planting Trip 

Perjalanan ini dilakukan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara. Pertama, peserta akan berpartisipasi dalam kegiatan dengan Sesi Iklim dan permainan. Setelah itu peserta akan mengunjungi pembibitan mangrove dan mencoba menanam di areal pembibitan. Kemudian, peserta beralih menanam mangrove di bronjong (media tanam air lumpur). 

  1. Wisata Hijau Bali Reef Rehabilitation Diving Trip

Perjalanan ini dilakukan di Bali. Peserta akan menyelam dan melihat lokasi restorasi karang Bumi Journey di Padangbai, Bali. Selain melihat, peserta juga berkesempatan menanam terumbu karang di lautan. 6. Lampung Conservation Trip Kegiatan ini dilakukan di Desa Braja Harjosari, Taman Nasional Way Kambas, Lampung. 

Kegiatan wisata hijau yang akan dilakukan peserta antara lain penanaman pohon di taman nasional bersama kelompok tani hutan. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi penangkaran gajah, menjelajahi hutan, mengunjungi peternakan lebah, mengunjungi hutan karet dan belajar tari dan gamelan Bali. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours