Intip Cara Mengubah Kulit Kacang untuk Pupuk Tanaman

3 min read

Pupuk memang penting guna tanaman dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun. Namun, pupuk seringkali mahal karena lonjakan harga dan kehabisan stok. Namun, ada banyak bahan yang bisa menjadi pupuk alami tanaman yang mudah menemukannya karena pasti di dapur Anda sudah memilikinya yaitu kulit kacang tanah.

Dikutip Express UK, Kamis (10 Agustus 2023), James Mayo, Duta Biofilik untuk Exubia menjelaskan bahwa pupuk penting bagi tanaman karena memberikan vitamin dan mineral penting bagi tanaman. Konstruksi padat, tapi mahal.

Sementara membayar untuk produk komersial adalah salah satu cara untuk memastikan tanaman mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk tumbuh, kulit kacang adalah alternatif yang unggul dan terjangkau. Mayo mengatakan polong biji kaya akan nitrogen untuk menyuburkan tanaman anggaran.

Sangat penting untuk memupuk tanaman sebanyak mungkin karena musim tanam adalah saat tanaman aktif tumbuh. Tumbuhan merasakan peningkatan suhu dan sinar matahari tambahan dan mulai secara aktif mencari nutrisi untuk membantu mendorong pertumbuhannya.

Tanpa pasokan nutrisi esensial yang mereka butuhkan, pertumbuhan tanaman akan terhambat secara signifikan.

Nitrogen adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur selama kekeringan, dan ada banyak nitrogen di kulit kacang yang keras. Mayo menjelaskan bahwa kacang apa pun bisa digunakan, asalkan murni, dan tidak mengandung garam atau perasa yang dapat mengeringkan tanaman.

Kacang adalah larutan pupuk lengkap yang sangat baik dan sangat kaya akan nitrogen. Mayo merekomendasikan penggunaan kulit dari kacang karena merupakan produk limbah alami. Dia berkata, “Mengingat jumlah kulit yang Anda dapatkan dari makan banyak biji, beberapa tanaman hias hanya perlu bertahan cukup lama.

Cara Memanfaatkan Kulit Kacang Sebagai Pupuk

Menggunakan kacang tanah sebagai alternatif pupuk komersial mudah melakukannya. Anda bisa menggunakan kulitnya utuh atau menghancurkan.

Meskipun Anda bisa menaburkan semua kulit di sekitar tanah, ada baiknya menggiling kulit menjadi remah-remah halus agar tidak terlalu terlihat oleh tanaman pot dan mempercepat prosesnya.

Dia menjelaskan bahwa kacang bisa lebih bermanfaat jika Anda merendamnya dalam air sebentar sebelum memecahkannya, karena kelembapan membantu tanah menyerap nitrogen lebih cepat. Kulit kacang utuh membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga bulan untuk terserap sepenuhnya.

Kacang tanah bukan satu-satunya produk yang bisa menggunakan sebagai pengganti pupuk. Mayo menjelaskan bahwa kebanyakan kacang lainnya juga bisa untuk membuat pupuk.

Kapan menggunakan pupuk kulit kacang tanah? Meskipun banyak peringatan tentang penggunaan pupuk dalam cuaca panas, James menjelaskan bahwa hal itu aman menggunakannya selama tanaman memiliki cukup air, banyak cahaya, dan udara.

Kacang polong bagus untuk cuaca panas karena mengandung nitrogen dalam jumlah sedang, meskipun ampas kopi seringkali terlalu kuat untuk tanaman yang sulit menyerap cairan.

Memberi pupuk dosis teratur pada tanaman akan mencegahnya layu atau menguning, meskipun Mayo menambahkan bahwa itu juga dapat memakainya sebagai obat untuk mengatasi masalah ini. 

Kalau tanaman berubah menjadi coklat atau kuning, gunakan pupuk instan seperti kacang tanah atau bubuk kopi karena akan lebih cepat rusak. Jika Anda memberikan cukup nitrogen, tanaman akan hidup dan daun akan kembali ke warna normalnya. Begitulah cara mengubah kulit kacang menjadi pupuk untuk tanaman dengan praktis.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours