Ketahui Tips Mudah Meningkatkan Mood Saat Depresi

3 min read

Depresi adalah gangguan mental serius yang memengaruhi kehidupan banyak orang, terutama remaja dan orang dewasa. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018, lebih dari 19 juta penduduk Indonesia berusia di atas 15 tahun menderita gangguan psiko-emosional. Lebih dari 12 juta penduduk berusia di atas 15 tahun menderita depresi. Oleh karena itu butuh meningkatkan mood yang tepat.

World Health Organization (WHO) memperkirakan 280 juta orang di seluruh dunia menderita depresi, dimana 5% di antaranya adalah orang dewasa dan 5,7% berusia di atas 60 tahun (lansia). Selain merasa sedih atau bad mood, depresi dapat membuat Anda merasa putus asa atau hampa selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. 

Dalam beberapa kasus, depresi bersifat musiman, tetapi dalam kasus lain terus menerus. Depresi juga bervariasi dalam tingkat keparahan dan seringkali disertai dengan gejala lain seperti kecemasan, sulit tidur, lekas marah, dan kelelahan. Pada tingkat yang paling parah, depresi dapat mengganggu aktivitas dan tugas sehari-hari, dan bahkan sulit meningkatkan mood hingga berpikir tindakan untuk bunuh diri.

Tips Sederhana untuk Meningkatkan Mood Anda Selama Depresi 

Karena depresi dapat berdampak buruk pada hidup kita, penting bagi Anda untuk mencari bantuan profesional seperti psikiater jika Anda khawatir tentang pengalaman itu.

Pada akhirnya, depresi itu kompleks dan tidak hanya berasal dari perilaku kita, tetapi juga dari perubahan kimiawi di otak atau perubahan hormonal lainnya di tubuh, yang seringkali memerlukan perawatan atau pengobatan untuk meredakannya. 

  1. Luangkan waktu untuk hal-hal yang kita sukai 

Saat kita depresi, kita merasa sedih dan mungkin tidak ingin melakukan hal-hal yang biasanya kita nikmati. Namun, jika kita tidak melakukan aktivitas yang kita sukai, hal itu dapat memperburuk gejala depresi.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi gejala depresi adalah menahan keinginan untuk tidak melakukan apa-apa dan terlibat dalam aktivitas favorit Anda, meskipun Anda tidak menikmatinya. Penelitian menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas rekreasi meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, menurunkan detak jantung, dan memiliki cara meningkatkan mood yang benar.

Buatlah daftar aktivitas sederhana dan terjangkau yang selalu kita sukai. Saat Anda merasa berada dalam krisis, keluarkan daftar Anda dan lakukan aktivitas yang paling mudah bagi Anda saat itu.

  1. Habiskan waktu di alam terbuka 

Saat ini, interaksi kita dengan orang-orang dan dunia semakin terdigitalisasi. Semakin banyak waktu yang kita habiskan di depan layar, semakin sedikit waktu yang kita habiskan di alam. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin berbahaya bagi kesehatan mental. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University, anak-anak saat ini menghabiskan separuh waktu bermain di luar ruangan dibandingkan dengan anak-anak 20 tahun lalu. Penurunan ini juga terkait dengan penurunan kreativitas anak.

Saat kita bosan, mungkin yang ingin kita lakukan hanyalah menjelajahi media sosial atau menonton TV. Sebaliknya, pergilah ke taman kota atau pergi hiking. Di sana, kita akan terkagum-kagum dengan dampak aktivitas di udara segar dan di bawah sinar matahari. 

  1. Meningkatkan Mood dengan tertawa 

Tertawa seringkali menjadi obat terbaik saat kita merasa sedih. Kita mungkin tidak ingin melakukannya saat bosan, tetapi efeknya sangat besar. Misalnya, sebuah studi tahun 2020 terhadap pasien panti jompo menunjukkan manfaat yang signifikan dalam mengobati depresi dengan terapi tertawa.

Depresi cukup umum dalam pengaturan ini, di mana pasien diisolasi dan memiliki masalah kesehatan kronis. Namun, peserta penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penglihatan dan perilaku setelah diperlakukan dengan tawa. Kita mungkin tidak memerlukan terapi tawa formal untuk memperbaiki suasana hati dan melawan gejala depresi.  

Meski mungkin lebih sulit saat sedih meningkatkan mood, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan hal-hal yang biasanya membuat tertawa atau menonton komedi. Selain itu, kita juga bisa hangout bersama teman dan membuat orang lain tertawa sejenak. Apa pun itu, jangan abaikan kekuatan tawa yang baik. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours