Kurang Tidur Bikin Sulit Konsentrasi, Ini Sebabnya!

3 min read

Kurang tidur tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan fisik, tetapi juga memengaruhi kesehatan mental. Pasalnya, kebiasaan ini menyebabkan sulit berkonsentrasi, menghambat proses kerja atau belajar yang sedang berlangsung.

Anda yang sulit berkonsentrasi sebaiknya segera mengubah kebiasaan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Untuk lebih memahami, ketahuilah kaitan antara tidur dan konsentrasi serta cara mengatasi jumlah tidur kurang di bawah ini.

Membuat Sulit Konsentrasi 

Tidak hanya membuat Anda mengantuk saat bangun tidur, tetapi juga dapat berdampak negatif pada konsentrasi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Therapeutics and Neuropsychiatric Disease tahun 2007, ada beberapa teori mengenai efek tidur yang kurang dan penurunan kognitif, termasuk kesulitan berkonsentrasi.

Hipotesis pertama adalah bahwa tidur yang kurang yang ditandai dengan periode berkurangnya aktivitas listrik otak selama tidur. Kondisi ini kemudian menurunkan kemampuan kognitif, sehingga berdampak negatif pada kewaspadaan dan konsentrasi, serta menurunkan respon tubuh.

Hipotesis kedua adalah bahwa sedikit jumlahnya mengubah struktur otak yang disebut korteks prefrontal. Korteks prefrontal memiliki tugas penting, terutama dalam hal bahasa, fungsi eksekutif, kemampuan berpikir kreatif, dan kreativitas. Namun, hipotesis kedua tidak dapat dibuktikan karena ingatan dan konsentrasi tidak berhubungan dengan korteks prefrontal. Hubungan antara yang kurang dan kemampuan fokus sangatlah kompleks karena terkait dengan banyak neuron atau sel saraf di otak.

Namun, telah terbukti hal ini menurunkan kewaspadaan dan kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Akibatnya, Anda akan semakin bingung dan kurang bisa bekerja secara maksimal, terutama pada hal-hal yang melibatkan penalaran logis atau pemikiran yang kompleks.

Cara Mengatasi Kurang Tidur

Anda perlu segera mengubah kebiasaan dan pastikan untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Diawali dari Healthline, ada beberapa cara mengatasi tidur sedikit yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Hindari tidur siang terlalu lama
  • Jangan konsumsi kafein setelah jam 2 siang atau beberapa jam di malam hari
  • Bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan atau hari libur
  • Lakukan aktivitas santai dulu, seperti membaca, meditasi, atau mandi air hangat
  • Hindari makan malam yang lezat¬†
  • Hindari menggunakan perangkat elektronik, termasuk elektronik dan televisi,¬†
  • Berolahragalah secara teratur setiap hari, namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Kurangi asupan alkohol, terutama di malam hari

Dengan mengetahui mengapa sedikit membuat Anda sulit berkonsentrasi, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Namun, Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda sering mengalami kesulitan di malam hari atau memiliki kondisi yang semakin memburuk meskipun ada perubahan kebiasaan di atas.

Pasalnya, kurang tidur bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius yang memerlukan penanganan medis.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours