Meredakan Stres, Inilah Deretan Aktivitas Sederhana Bisa Dilakukan

Estimated read time 2 min read

Liburan merupakan kegiatan yang digemari sebagian besar orang untuk menghilangkan stres setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, rencana tersebut seringkali tidak dapat dilaksanakan karena padatnya agenda yang harus diselesaikan.

Melredakan stres dari aktivitas sehari-hari yang melelahkan tidak harus menghabiskan banyak uang.

Ketua Program Riset Klinis Konseling Kesehatan Mental di University of Phoenix, Christine Karper, mengatakan pengurangan stres dapat dicapai hanya dengan menggunakan panca indera.

Anda harus bisa berpindah dari kegelisahan dan pemikiran negatif menjadi menikmati pengalaman pancaindra,” kata Karper dikutip Rabu (2/8/2023). “Itu bagian dari menjadi egois (perhatian penuh),” tambahnya.

Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dengan cara sederhana dan murah menggunakan panca indera?

  • Nyalakan lilin beraroma dengan aroma favorit Anda
  • Basahi handuk dengan teh panas dan letakkan di tangan Anda
  • Dengarkan musik sambil bersantai
  • Duduk di luar menonton awan mendengarkan kicauan burung
  • Makan perlahan dan nikmati rasa makanan
  • Buat jurnal tentang hal-hal yang berdampak positif pada hidup Anda
  • Kunjungi atau hubungi teman dekat atau keluarga
  • Ingat kenangan favorit Anda dan pikirkan tentang apa yang Anda rasakan, lihat, cium, dan nikmati selama waktu itu.

Melihat Foto-foto Lama Meredakan Stres

Karper mengatakan sembilan aktivitas di atas tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan stres, tetapi juga secara tidak langsung menurunkan risiko diabetes dan hipertensi.

Selain itu, latihan terus-menerus dari aktivitas sederhana dapat menghasilkan hormon “penyembuhan”, seperti serotonin, yang berperan dalam meredakan stres dan membuat tubuh rileks.

“Tidak butuh waktu lama. Ini bisa menjadi ‘istirahat dua menit,'” kata Karper.

“Melakukan aktivitas ini dua atau tiga kali sehari sudah cukup memberikan dampak positif bagi seluruh hidup Anda termasuk meredakan stres,” tambahnya. 

Jalan Santai Sesekali

Pekerjaan yang banyak, rapat yang tidak ada habisnya, dan rekan kerja yang sulit diatur pasti membuat kita merasa stres di tempat kerja. Saat pikiran Anda sudah sangat lelah dan sudah tidak bisa menahannya lagi, cobalah melakukan aktivitas fisik sederhana, seperti berjalan-jalan di sekitar kantor.

Menjauhlah dari meja Anda dan luangkan waktu untuk beristirahat. Jika ada pepohonan di sekitar kantor, Anda bisa mencoba berjalan mengelilinginya karena melihat tanaman hijau juga bisa membantu Anda untuk meredakan stres.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours