Terjual Habis! Alasan Merchandise Kpop Tetap Laku Meski Mahal

2 min read

Fakta bahwa merchandise Kpop mahal tapi tetap laris manis dan banyak dicari memang ada alasannya dan patut dipertimbangkan kembali. Pembahasan ini mencakup produk-produk yang biasa ditemukan oleh para penggemar Kpop, seperti photobook, photo card, glow stick, dan gantungan kunci.

Tentunya jika penggemar Kpop tidak asing dengan barang-barang tersebut. Biasanya agensi mengeluarkan merchandise di saat momen tertentu. Misalnya saat comeback, natal, atau saat ada event tertentu maupun endorse produk.

Semakin limited edition, maka harganya pun semakin mahal. Hal tersebut sejalan baru-baru ini agensi besar tengah diselidiki dengan penjual photocard artis-artisnya.

Sayangnya, beberapa barang tersebut memiliki harga jual yang sangat tinggi. Ini dapat ditemukan saat membeli dari toko resmi yang menjual produk idola Kpop.

Biaya Ekspor ke Indonesia Cukup Tinggi

Ternyata alasan barang Kpop mahal tapi tetap laris manis dan banyak peminatnya adalah karena biaya ekspor ke Indonesia cukup tinggi. Karena barang ini pasti dikenakan bea cukai.

Membeli Merchandise Kpop Cara Menunjukkan Cinta ke Idola

Selain elemen ini, ada sejumlah barang terkait yang bersifat terbatas atau eksklusif. Sementara itu, bagi banyak penggemar, memiliki merchandise dari grup idola atau idola mereka adalah cara untuk menunjukkan dukungan dan cinta mereka. Barang-barang ini memiliki nilai spiritual yang tinggi dan mengingat momen berharga bersama idola mereka.

Dilansir dari Korea Times, profesor ilmu konsumen di Universitas Inha, Lee Eun-hee mengungkapkan bahwa hal tersebut benar adanya. Sebagian besar popularitas produk Kpop berasal dari penceritaannya.

Memiliki Cerita di Balik Desain

Ia menjelaskan, “Barang dagangan Kpop sering kali laris manis karena memiliki cerita di atas fungsi dan desain.

Lebih lanjut, Lee Eun-hee juga mengatakan bahwa artikel tersebut memiliki dampak psikologis tersendiri bagi para penggemar. Mereka dapat merasa terhubung dengan idola mereka dengan barang-barang yang berhubungan dengan idola.

“Ini membangkitkan emosi khusus bagi para penggemar yang terhubung dengan idola mereka menggunakan barang-barang ini.” Dia melanjutkan. 

Dalam pernyataannya, Lee Eun-hee mengomentari di luar merchandise Kpop, penggemar yang membeli piyama yang dikenakan oleh anggota boy grup BTS Jin. Ia mengatakan, dalam hal ini, para penggemar yang membeli piyama bisa merasa lebih dekat dengan penyanyi kesayangannya.  

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours