Fakta Menarik di Konser Suga D-Day The Final

2 min read

Soloist Suga BTS menggelar konser terakhir dari rangkaian konser World Tour mereka bertajuk SUGA D-day The Final pada 6 Agustus kemarin. Setelah melakukan tur konser Suga D-Day selama 28 panggung di seluruh dunia, ia akhirnya mengakhiri rangkaian tur tersebut dengan menggelar hari terakhir encore di KSP Dome di Seoul.

Di konser penutup, Army sangat heboh dengan kehadiran seluruh member BTS. Tak terkecuali Jin dan J-Hope yang saat ini sedang menjalankan wajib militer. Penasaran dengan konser encore Suga? Yuk, simak keseruannya lewat kumpulan foto berikut ini

  1. Hadirkan Tamu Spesial dari Member BTS

Dalam tiga hari, Suga juga memperkenalkan tiga tamu istimewa di antara anggota BTS. Di hari pertama, Suga mengajak Jungkook berduet dengannya di lagu “Burn It”. Aksi panggung Jungkook kemudian melanjutkan dengan penampilan solonya lewat lagu “Seven”.

Di hari kedua konser Suga, giliran Jimin yang berduet dengannya di lagu ‘Tony Montana’. Sejak tahun 2016, penampilan live lagu ini ARMY sangat menantikannya.

Sementara itu, Selasa, leader BTS RM naik ke atas panggung dan menampilkan perannya dalam lagu “Strange” bersama Suga. Penampilan RM semakin spesial karena tepat setelah itu ia menyanyi lagu baru yang masih menjadi rahasia belum resmi dirilis.

  1. Sisipkan Lagu ‘Dear My Friend’

Lagu “Dear My Friend” adalah dari album mixtape kedua Suga atau Agust D, “D-2”. Lagu kolaborasi Agust D dengan Kim Jong Wan NELL menceritakan kisah teman masa kecilnya di Daegu, Korea Selatan.

Tak hanya bernostalgia, lagu ini juga mengungkapkan penyesalan Suga. Idola Kpop ini menyesal tidak bisa menyelamatkan temannya yang memiliki ambisi yang sama dengannya.

Temannya memilih jalan yang berbeda dan akhirnya dipenjara. Lagu ini spesial karena sangat personal baginya. 

  1. Suga Nangis di Lagu ‘Snooze’, ‘Dear My Friend’, dan ‘Amygdala’

Saat menyanyikan lagu “Snooze”, Suga tak kuasa menahan air matanya. Dia selalu berusaha untuk bernyanyi.

Namun, air matanya tidak berhenti hingga dua lagu di konser Suga DDAY berikutnya, “Dear My Friend” dan “Amygdala”. Ketiga lagu tersebut sebenarnya adalah lagu yang cukup pribadi baginya. Lagu ‘Snooze’ untuk Suga membawanya kembali ke mimpi masa lalunya yang kini menjadi kenyataan.

“Biasanya aku tidak menangis, tapi ketika aku muncul sebelumnya, aku tidak bisa menahan diri karena sunbaenim datang. Sebelumnya aku bermimpi melihat sunbaenim, tapi sekarang aku sudah menjadi sunbae, jadi aku menangis,” kata Suga saat siaran langsung.

Lagu selanjutnya dalam konser Suga DDAY sangat menyentuh hatinya adalah “Dear My Friend”. Sedangkan lagu ‘Amygdala’ memiliki makna yang sama-sama personal. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours