Wanita Ini Kolektor Barbie, Punya 800 Boneka Hingga Rp383 Juta

2 min read

Banyak orang yang terobsesi dengan Barbie setelah film “Barbie” yang masuk bioskop dan menjadi hit box office. Namun wanita ini sudah terobsesi dengan boneka terkenal itu jauh sebelum filmnya dibuat. Kolektor Barbie ini bernama Dawn Austin.

Ia merupakan seorang kolektor boneka dari Inggris yang memiliki ratusan koleksi boneka Barbie. Wanita Belper ini memiliki banyak sekali boneka Barbie vintage, bahkan versi pertama yang keluar pada tahun 1959.

Dawn pertama kali jatuh cinta pada Barbie saat masih kecil, saat dia berada di bandara bersama ibunya. Saat ini, Fajar kecil melihat boneka dengan rambut emas panjang yang indah dan langsung terpesona olehnya.

Dawn mengatakan, “Saya bertanya kepada ibu saya apakah mereka peri atau malaikat.

Wanita berusia 44 tahun ini menyukai Barbie karena dia bisa menjadi apapun yang diinginkannya. Bermain Barbie tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memperluas imajinasi buah hati Anda menjadi lebih kreatif.

“Saya ingat Barbie sebagai seorang biarawati, tapi dia juga seorang petani – dia bisa pergi ke mana pun Anda bisa membawanya,” kata perempuan yang berprofesi sebagai seniman itu. Dawn mulai mengoleksi boneka, termasuk boneka Barbie, saat masih kecil. Hobinya mengoleksi boneka sempat hilang saat ia remaja, namun ia mulai mempraktekkannya lagi saat berusia 20 tahun.

Lebih dari 20 tahun mengumpulkan boneka, koleksi Dawn kini mencakup lebih dari 800 boneka, banyak di antaranya adalah boneka Barbie. Sejauh ini, ia telah menghabiskan hingga £20.000 atau sekitar Rp 383 juta untuk membeli boneka yang kini hampir memenuhi rumahnya.

Sebagian besar koleksi boneka adalah produk lama dan vintage. Dawn sering membelinya dari eBay, pasar loak, dan toko barang bekas untuk mendapatkan boneka langka dan unik.

“Ketertarikan saya (pada boneka) semakin meningkat. Saya akan pergi ke eBay dan melihat-lihat pasar loak dan toko barang bekas. Setiap kali kami berlibur, saya selalu mencari boneka,” katanya terdekat, katanya kolektor Barbie itu.

Sebagai seorang kolektor, Dawn telah memperoleh beberapa versi Barbie yang agak langka. Salah satu boneka paling berharga yang dimilikinya adalah versi tahun 1960 yang menampilkan Barbie mengenakan pakaian renang hitam putih dan dikuncir kuda, yang sekarang sangat populer.

“Saya tidak pernah benar-benar memikirkan nilai boneka itu, tapi sejak film itu, harga memorabilia Barbie naik 25%,” kata si Kolektor Barbie. 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours