3 Fungsi Poros Nok Atau Camshaf Terbaru 2023

2 min read

Bagi para pecinta otomotif, komponen mesin yang bernama Poros Nok mungkin sudah tidak asing lagi. Komponen mobil ini disebut juga dengan camshaft. Anda bisa menemukan komponen mobil ini di bagian mesin kepala silinder.

Inilah yang membuat Poros Nok begitu penting. Alasan penamaan camshft berasal dari bentuknya yang menyerupai poros dengan bagiannya. Bentuk yang sangat kompleks inilah yang menjadi alasan mengapa mereka menggunakan baja tuang agar lebih kuat dan tangguh.

Beberapa Fungsi poros nok

Poros Nok
Poros Nok

Berikut adalah beberapa fungsi poros nok jika anda ingin mengetahui lebih lanjut simak penjelasan di bawah ini.

  1. Pengatur Katup

Fungsi pertama camshaft adalah mengatur katup agar sesuai dengan sistem pembakaran yang ada. Yang memegang fungsi ini adalah camshaft yang paling berperan adalah cam lobe. Bagian camshaft memiliki desain yang lebih lonjong.

Cara kerja cam lobe adalah dengan mendorong klep atau klep mesin untuk membuka dan menutup dalam bentuk oval secara sistematis. Pergerakan lobus datang juga telah disesuaikan dengan sistem urutan tembak sehingga masing-masing bagian memiliki tempat yang berbeda sesuai dengan kegunaannya.

  1. Pemain Poros Distributor

Fungsi camshaft selanjutnya adalah untuk memutar sistem distributor poros pada mesin secara keseluruhan. Perlu Anda ketahui bahwa fungsi camshaft ini berlaku khusus untuk mesin mobil yang masih menggunakan distributor pada sistem firing ordernya.

Pada bagian ini biasanya para pelaku otomotif menambahkan roda gigi penggerak khusus agar proses putaran poros distributor lebih mudah. Penggunaan komponen tersebut sebenarnya sudah umum digunakan, namun yang lebih jarang adalah pemasangannya yang dihubungkan dengan camshaft menggunakan slot joint.

  1. Menggerakkan Pompa Bahan Bakar

Fungsi camshaft selanjutnya adalah untuk menggerakkan pompa bahan bakar mesin mobil. Saat ini tidak semua mobil menggunakan pompa bahan bakar dan fungsi ini khusus berlaku untuk mesin mobil dengan pompa bahan bakar tipe mekanis.Secara umum fungsi fuel pump adalah menyuplai bahan bakar ke bagian karburator mobil.

Akhir kata

Poros Nok adalah tempat sensor untuk mendeteksi setiap putaran itu sendiri. Melalui fungsi ini, camshaft dapat dengan mudah memastikan bahwa setiap sudut putaran akan dilakukan tanpa menimbulkan cacat dan kerusakan pada bagian lainnya. Pernyataan ini telah dilansir dari C-Es News

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours