4 Fungsi Blok Silinder Pada Mobil terbaru 2023

2 min read

Blok Silinder merupakan komponen penting dalam rangkaian mesin mobil. Blok tersebut juga merupakan komponen terbesar pada mesin kendaraan dan berfungsi sebagai penopang atau dudukan komponen mesin lainnya.Ada beberapa komponen mesin yang ditopang oleh blok silinder pada mobil ini yaitu poros engkol, kepala silinder, piston.

Komponen tersebut terletak di atas, bawah, samping dan juga di blok silinder.Blok ini terdiri dari beberapa silinder lain tempat piston bekerja. Dalam satu blok dapat terdiri dari satu hingga dua silinder. Komponen Blok Silinder mobil bersinergi menjaga performa kendaraan tetap optimal selama berkendara.

Beberapa Fungsi Blok Silinder Pada Mobil

Blok Silinder
Blok Silinder

Berikut adalah beberapa fungsi blok silinder pada mobil jika anda ingin mengetahui lebih lanjut simak penjelasan di bawah ini.

  1. Sebagai Tempat Naik Turunnya Piston

Fungsi utama blok ini adalah sebagai tempat atau dudukan naik turunnya piston pada mesin. Bentuk lubang silinder akan menyesuaikan dengan bentuk piston sehingga komponen dapat naik turun di dalam lubang tersebut. Agar piston bekerja maksimal, lubang silinder harus selalu mulus dan licin.

  1. Kemana Mengarahkan Energi Pembakaran

Energi yang dihasilkan dari proses pembakaran akan diarahkan oleh silinder sehingga dapat menggerakkan piston. Perlu Anda ketahui, bahwa energi pemuaian pada mesin mobil cukup besar sehingga material silinder mobil juga harus padat. Penting untuk diperhatikan untuk mencegah pembengkokan atau deformasi komponen-komponen tersebut.

  1. Blok ini Berfungsi Sebagai Tempat kerja Engkol

Mekanisme engkol memiliki dua komponen, yaitu batang penghubung dan poros engkol. Blok ini berfungsi sebagai tempat menempelnya kedua komponen tersebut sehingga dapat bekerja untuk menaikkan piston. Mekanisme engkol mesin mobil mirip dengan engkol sepeda yang mampu menciptakan energi putaran pada mesin.

  1. Tempatkan Saluran Pendingin

Fungsi blok ini selanjutnya adalah sebagai saluran pendingin. Komponen ini dapat mengeluarkan panas dari dalam mesin mobil sehingga mesin tidak overheat. Namun, fungsi ini hanya berlaku untuk kendaraan yang tidak menggunakan radiator sebagai sistem pendinginnya.

Akhir kata

bak mesin atau tempat poros engkol yang terletak di bagian bawah blok silinder. Komponen ini memiliki lekukan yang berfungsi sebagai tempat atau dudukan poros engkol dan bantalan poros engkol.itulah yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours