Inilah 5 Bagian Kruk As atau Crankshft Terbaru 2023

2 min read

Kruk As atau biasa disebut crankshaft merupakan salah satu komponen penting pada mesin pembakaran dalam kendaraan. Bagian ini juga biasa disebut sebagai poros engkol. Fungsi utamanya adalah menjadi sumbu pergerakan setiap piston.Setiap gerak yang terjadi pada piston nantinya akan diteruskan ke transmisi kendaraan. Itulah proses mekanis mesin hingga kendaraan bisa berjalan.

Kruk As merupakan salah satu bagian mesin kendaraan yang dapat mengubah gerak piston secara horizontal atau vertikal sehingga menjadi gerak rotasi atau putaran. Poros engkol dipasang di bawah blok silinder mesin.

Beberapa Bagian Kruk As

Kruk As
Kruk As

Bagian poros engkol berhubungan langsung dengan batang piston oleh pin retak, dan posisi dudukan pada silinder berhubungan langsung dengan jurnal engkol.Setidaknya ada 5 bagian inti yang penting dalam kinerja poros engkol dan mesin kendaraan. Berikut daftar bagian-bagiannya.

  1. Pin Engkol

Bagian crank pin merupakan bagian dari crankshaft yang terhubung dengan big end dimana lubang besar tersebut terhubung langsung dengan batang piston. pin engkol terdiri dari bantalan batang penghubung atau bantalan jalan logam. Pin engkol atau crank pin ini termasuk bantalan tambahan di ujung batang penggerak di setiap silinder mesin.

  1. Jurnal Engkol

Sedangkan crank journal terhubung langsung dengan blok silinder. Bagian ini dipasang pada metal seat sebagai penopang. Dengan begitu crankshaft dapat berputar dengan journal shaft masing-masing. Jurnal engkol memiliki saluran oli serta lengan engkol di setiap jurnal engkol.

  1. Lengan Engkol / Lengan

Bagian lengan crankshaft berfungsi untuk menghubungkan crank journal dengan crank pin Bagian lengan terhubung langsung dengan flywheel dan tenaga yang dihasilkan akan diteruskan ke transmisi mesin kendaraan.

  1. Berat Penyeimbang

Bagian ini berperan dalam menjaga keseimbangan putaran oleh poros engkol saat bekerja. Pada setiap ujungnya terdapat beberapa lubang atau titik keseimbangan sehingga bobot masing-masing komponen poros engkol dapat diposisikan dalam keadaan seimbang.

  1. Saluran Minyak

Bagian penting adalah saluran atau lubang oli. Lubang oli pada crankshaft berfungsi sebagai tempat masuknya pelumas agar mudah mengalir ke seluruh bagian crankshaft..

Akhir Kata

Ulasan mengenai beberapa informasi terkait di atas bisa dijadikan referensi untuk Anda. Salah satu komponen mesin sangat perlu dirawat agar fungsinya tetap optimal dalam membantu performa mesin, sehingga kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours