Kisaran Gaji Selebriti Mikha Tambayong Sebagai Tenaga Ahli Menpora 2023

2 min read

Selebriti Mikha Tambayong saat ini bekerja sebagai komisaris pemerintah sebagai ahli  kabinet Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dia telah berada di Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai tenaga ahli komunikasi publik sejak Mei 2023.

Sebagai tenaga ahli Menpora, Mikha Tambayong nantinya akan mendapat gaji dan tunjangan pemerintah. Hal ini pun menggugah rasa penasaran netizen, berapa perbandingan gaji gaji staf ahli Menpora vs artis.

Kisaran Gaji Mikha Tambayong Sebagai Tenaga Ahli Menpora

Mikha Tambayong
Mikha Tambayong

Berdasarkan Pasal 67 Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2019, kedudukan staf ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Koordinator. Tugasnya adalah memberikan rekomendasi isu-isu strategis kepada Menteri atau Menko berdasarkan keahliannya.

Pasal 85(2) menyebutkan tenaga ahli yang dijabat oleh Mikha Tambayong memiliki gaji dan tunjangan setinggi-tingginya setara dengan jabatan struktural Eselon I.b Menpora. Sebagai informasi, Jenjang I merupakan jabatan struktural tertinggi pada suatu unit instansi pemerintah. Yang menduduki jabatan ini adalah golongan IV/e tertinggi dan golongan IV/d terendah.

Artinya, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok yang akan diterima Mikha sebagai Tenaga Ahli Menpora setara dengan PNS IV golongan e/d, yakni antara Rp 3.447.200 sampai Rp 5.901.200 per bulan. Selain gaji, tenaga ahli juga akan mendapat sejumlah tunjangan, di antaranya Tukin (tunjangan kinerja).

Jumlah tukin pegawai Kemenpora tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2019. Dalam Perpres itu tertulis, angkatan ke-16 akan mendapat tukin hingga Rp 17.413.000. Jadi jika dijumlahkan totalnya, penghasilan yang akan diperoleh Micah sebagai staf ahli Menpora adalah Rp 20.860.200-Rp. 23.314.200. Jumlah tersebut belum termasuk tunjangan bawaan lainnya.

Menpora berharap dengan mengundang teman-teman muda influencer di Kementerian Pemuda dan Olahraga dapat memberikan dampak positif dan dapat membawa olahraga menjadi perhatian publik di tanah air.

Akhir Kata

Jika dibandingkan dengan gaji Mikha Tambayong secara rata-rata, bisa dikatakan gaji staf ahli ini sedikit lebih rendah dari gaji seorang artis. Gaji artis rata-rata antara 20 sampai 100 juta per bulan, bahkan bisa jauh lebih tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Penyataan іnі tеlаh dі lаnѕіr dаrі C-Es Nеwѕ.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours